Rapat Sinergisitas Perencanaan Pembangunan Ekonomi Kabupaten Lahat Tahun Anggaran 2017

telah dibaca : 210 kali

Rapat Sinergisitas Perencanaan Pembangunan Ekonomi Kabupaten Lahat Tahun Anggaran 2017, dilaksanakan tanggal 25 - 27 April Tahun 2017 bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Lahat. Peserta Rapat Sinergisitas Perencanaan Pembangunan Ekonomi Lingkup Koordinasi Bidang Perkonomian dan SDA. Pemateri Rapat dari Bappeda Propinsi Sumatera Selatan yakni, Bpk. Harry Wibawa, SP. MM.

Perencanaan pembangunan ekonomi adalah awal dari membangun ekonomi menjadi lebih baik dari sebelumnya, hasil kerjasama seluruh rakyat Indonesia untuk mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia, membenahi Indonesia dari berbagai bidang.Pembangunan ekonomi pada hakekatnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat diperlukan pertumbuhan yang meningkat dan distribusi pendapatan yang lebih merata. Masalah pertumbuhan ekonomi daerah dipengaruhi banyak faktor salah satunya adalah kebijakan pemerintah, hal tersebut harus diidentifikasi secara tepat supaya faktor tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Beberapa hal yang mesti kita cermati berkaitan dengan permasalahan pembangunan ekonomi di Kabupaten Lahat yaitu :

Perekonomian Kabupaten Lahat dari tahun 2011 sampai dengan 2015   cendrung melambat bahkan menurun. Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lahat selama periode 2011 sampai dengan 2015 menunjukan trend yang melambat dinama kondisi dengan migas tahun sebesar 6,96% dan tahun 2015 sebesar 2,85%.

Tiga sektor utama yaitu pertambangan, industri pengolahan dan pertanian sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lahat. Sedangkan sektor lainnya cendrung berfluktuatif. Menurunya Laju Pertumbuhan Ekonomi pada periode ini dikarenakan struktur pembentuk PDRB Kabupaten Lahat sangat bergantung pada sektor primer yaitu pertambangan, penggalian san sektor pertanian 20,19% (berdasarkan PDRB ADHB (%). Sedangkan sektor lainnya cendrung berfluktuatif.

Berdasarkan Data dari BPS Tahun 2016 , Pertumbuhan Ekonomi Lahat menunjukkan Laju pertumbuhan yang relatif baik meskipun agak sedikit melambat. Yaitu sebesar 4,96 % dibandingkan Tahun sebelumnya Yaitu 5,58 %. Dari 9 sektor Lapangan usaha yang memberikan sumbangan terhadap nilai PDRB terbesar adalah sektor Pertambangan dan pertanian yaitu sebesar 28,79 % dan 23,91 % dari seluruh sektor lainnnya. Namun meskipun ke dua sektor ini merupakan sektor andalan tidak berarti dapat menjamin kemakmuran perekonomian masyarakat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari laju pertumbuhan Sektor pertambangan kecil yaitu hanya 2,81 % dan sektor Pertanian hanya 2,28 %. Hal ini sebagai imbas dari semakin menurunnya tingkat Produksi Komoditas Pertambangan Khususnya Batubara dan pertanian. Laju pertumbuhan cukup tinggi juga ada pada sektor keuangan, pengangkutan/komunikasi dan sektor perdagangan/hotel/restoran, tetapi tidak bisa menjamin ke tiga sektor ini akan membawa kesejahteraan masyarakat jika ketiganya didominasi kegiatan kegiatan berskala besar dan padat modal saja. Sehingga justru mematikan kegiatan skala ekonomi Kecil (Rumah Tangga).

 Melihat permasalahan tersebut, ada tiga tujuan yang kita harapkan dari Rapat Sinergisitas Perencanaan Pembangunan Ekonomi di Kabupaten Lahat yaitu :

  1. Peningkatan produktivitas sektor pangan atau kegiatan-kegiatan ekonomi yang mampu menyerap tenaga kerja melalui pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah atau bersifat mendukung perluasan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan di Kabupaten Lahat;
  2. Pemanfaatan dang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dengan tepat dan cepat sehingga dapat mencegah terjadinya perubahan tata guna lahan yang berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan di Kabupaten Lahat.
  3. Pembangunan sarana dan prasarana dengan meningkatkan jangkauan dan mutu infrastruktur di Kabupaten Lahat;

Dalam pembangunan ekonomi harus terlebih dahulu ada perencanaannya agar mengetahui seberapa besar biaya yang dikeluarkan pemerintah dalam pembangunan. Tetapi, tidak hanya pemerintah pusat yang melakukan perencanaan pembangunan, pemerintah daerah harus punya peranan juga dalam perencanaan pembangunan ekonomi di Indonesia.

           

 

 



Tinggalkan Komentar
1 Komentar :

Mashalof

13 Desember 2017 - 19:46:07

This message is posted here using XRumer + XEvil 4.0

XEvil 4.0 is a revolutionary application that can solve almost any anti-botnet protection.
Captcha Bypass Google (ReCaptcha-1, ReCaptcha-2), Facebook, BING, Hotmail, Yahoo,
Yandex, VKontakte, Captcha Com - and over 8.4 million other types!

You read this - it means it works! ;)
Details on the official website of XEvil.Net, there is a free demo version.

Check YouTube video "XEvil ReCaptcha2"